Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari Saat Batuk Menyerang

Ketika batuk menyerang, pasti Anda akan merasa amat menderita. Apalagi jika batuk kian parah di malam hari. Tidak hanya menyebabkan badan tak enak dan Anda jengkel dibuatnya, batuk terus menerus bisa menyulut penyakit infeksi saluran pernapasan yang lain sehingga keadaan batuk dapat tambah gawat.

Batuk dapat diakibatkan oleh salah satu tanda penyakit, paparan polutan yang menimbulkan perangsangan, maupun dampak samping mengkonsumsi obat-obatan khusus. Kecuali minum obat batuk yang dipasarkan bebas di apotek maupun obat batuk alami, Anda pun hendaknya jauhi makanan dan minuman yang dapat memperburuk batuk. Apa saja itu?

Berikut beberapa minuman dan makanan yang harus dijauhi ketika batuk.

  1. Makanan yang digoreng

Salah satu makanan yang sebaiknya dijauhi ketika batuk ialah santapan yang digoreng. Sesungguhnya, bukanlah jenis makanannya yang mampu memperburuk keadaan batuk, sebaliknya minyak yang dipakai untuk menggoreng santapan itu.

Ketika Anda mengkonsumsi santapan yang digoreng, senyawa akrolein dari minyak yang digunakan berulang kali dapat merangsang dinding-dinding tenggorokan. Dampaknya, peradangan kian parah dan batuk juga kian semakin parah.

Tidak hanya itu, gorengan mampu menambah resiko naiknya asam lambung dan alergi makanan. Refluks asam lambung yang naik dapat menyulut terbentuknya penyempitan saluran nafas sehingga menimbulkan batuk.

  1. Makanan olahan

Santapan yang mesti dijauhi ketika batuk selanjutnya ialah makanan olahan. Misalnya makanan ringan kemasan, keripik, dan santapan manis. Berdasar suatu penelitian yang dikeluarkan dalam British Journal of Nutrition, Anda memerlukan konsumsi nutrisi yang maksimal supaya menguatkan sistem kebal badan dalam menangkal peradangan penyakit yang mengakibatkan batuk.

  1. Makanan faktor slergi

Terdapat bermacam permasalahan kesehatan yang dapat menimbulkan batuk. Tidak hanya peradangan virus, batuk dapat jadi salah satu tanda asma, yang berhubungan dengan respons alergi seseorang. Pada banyak kejadian, keparahan tanda batuk yang diakibatkan oleh asma umumnya berkaitan dengan makanan dan minuman yang menjadi penyebab alergi. Berbagai minuman dan makanan faktor alergi yang mampu memperparah keadaan batuk Anda ialah susu sapi, kacang-kacangan, telur, santapan laut (seafood) dan yang lain. Inilah yang jadi santapan yang mesti dijauhi ketika batuk yang lain.

  1. Minuman yang memiliki kandungan kafein

Disamping makanan, terdapat juga minuman yang dijauhi ketika batuk. Minuman yang memiliki kandungan kafein ialah beberapa diantaranya. Hal ini lantaran minuman yang memiliki kandungan kafein, seperti minuman bersoda, minuman berenergi, teh, dan kopi mampu membuat tenggorokan kering sehingga menyebabkan rasa gatal. Tenggorokan kering dan kerasa gatal bisa menyebabkan Anda merasa tak enak ketika memakan dan memunculkan suara serak. Dampaknya, keadaan batuk Anda kian menjadi buruk dan tak lekas sembuh.

  1. Susu dan produk olahan susu

Susu dan produk olahan susu hendaknya pula dijauhi ketika batuk. Hasil riset yang diumumkan dalam Jurnal Medical Hypotheses mengemukakan kalau produk olahan susu bisa memicu pembuatan dahak pada saluran pernapasan banyak orang.