Ragam Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan

Susu kedelai umumnya dijadikan sebagai alternative pengganti susu, khususnya untuk mereka yang alergi pada susu sapi. Terlebih, manfaat susu kedelai dikenal amat beraneka ragam untuk kesehatan, termasuk untuk ibu hamil dan menyusui.

Susu yang memakai bahan dari kacang kedelai ini, dibuat dengan langkah direbus, dihancurkan, lalu dilarutkan dengan air. Dalam satu gelasnya (tanpa pemanis) susu kedelai memiliki kandungan antara 80-100 kalori, 4 gr karbohidrat, 4 gr lemak, dan 7 gr protein. Bila dibanding dengan susu sapi, kedelai tak memiliki kandungan kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tak memiliki kandungan laktosa sehingga aman dikonsumi oleh siapa saja, termasuk pengidap darah tinggi.

Lantas, apa saja manfaat susu kedelai bagi kesehatan?

Menambah Kesuburan

Dengan mengkonsumsi beragam olahan dengan bahan utama kedelai, salah satunya susu kedelai, diyakini bisa menunjang menambah kesuburan untuk perempuan. Terlebih lagi, perempuan yang akan menikah maupun tengah menempuh program hamil, amat dianjurkan untuk teratur minum susu kedelai, loh.

Mengurangi Berat Tubuh

Kebanyakan mereka yang mau mengurangi berat tubuh sering menjauhi susu untuk suksesnya diet mereka. Tetapi rasanya anda mesti lekas mencicipi susu kedelai nih. Lantaran susu yang bersumber dari kacang-kacangan ini mempunyai kandungan serat yang relatif tinggi. Alhasil, tidak usah aneh jika manfaat susu kedelai buat diet amat mengagumkan. Terlebih, bila diminum dengan teratur, maka pula dapat mempertahankan keseimbangan tekanan darah.

Menghindari Osteoporosis

Osteoporosis merupakan hal yang amat dijauhi saat telah menginjak usia lanjut. Dan umumnya, osteoporosis jadi resiko yang sering diderita oleh perempuan pada umur menopause. Tetapi tenang saja, anda dapat menghindari hal itu berlangsung dengan amat gampang. Kiatnya dengan mengkonsumsi susu kedelai secara teratur. Alhasil janganlah sangsi untuk menikmati manfaat susu kedelai bagi tulang.

Memperlancar Pencernaan

Seperti yang telah dipaparkan di atas, susu kedelai banyak mengandung protein, lemak, dan karbohidrat. Manfaat yang dapat dirasakan dari susu kedelai ini dapat anda peroleh dari kandungan isoflavone yang terdapat di dalamnya. Isoflavone yang terdapat dalam susu kedelai pun baik dalam menaikkan absorpsi usus sehingga pencernaan jadi lebih mulus.

Menunjang Melembapkan Kulit

Manfaat susu kedelai untuk kulit pun tersedia, loh. Yaitu bisa menunjang untuk melembapkan kulit yang kering dan meremajakan sel kulit mati. Hal ini disebabkan susu kedelai memiliki kandungan vit e diyakini sanggup meredakan dan memulihkan lapisan kulit terluar karena perangsangan ataupun peradangan. Dengan memulihkan lapisan ini, kulitmu alhasil tak gampang kehilangan kelembapannya.

Walaupun susu kedelai mempunyai banyak manfaat, tetapi kita mesti tetap hati-hati akan dampak buruk yang diberikan, seperti menghambat penyerapan iodine sehingga amat tak dianjurkan untuk pengidap hipertiroid. Lalu menekan pembentukan hormon pria sampai memiliki kandungan pestisida membahayakan dan organisme yang dimodifikasi dengan genetis.