6 Manfaat Vitamin D Selain untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Orang-orang mengenali vitamin D sebagai faktor utama dalam mempertahankan kesehatan tulang dan gigi. Tetapi sebenarnya tidak 2 organ tersebut saja yang meneguk manfaat dari vitamin D.

Melansir laman India Times, sistem imunitas tubuh pun memerlukan vitamin D, demikian pula peran organ jantung, otot, hingga DNA. Yang sangat gampang, memperoleh vitamin D dengan cara berjemur tiap-tiap pagi mulai jam 06.00 hingga 10.00. Durasinya cukup 10 hingga 30 menit saja.

Upayakan sinar matahari langsung menjangkau kulit. Kaum ahli menganjurkan hendaknya sepertiga kulit terkena cahaya atau sinar matahari. Pasalnya, vitamin D diproses dari kolesterol tubuh dengan dukungan sinar matahari.

Lalu disamping tulang dan gigi, peran apa saja pada tubuh yang memerlukan dukungan vitamin D. Berikut ini ulasan singkatnya:

Menambah Peran Otot

Vitamin D mendukung otot berperan lebih baik. Otot menjadi tidak gampang letih dan lebih liat atau rekat.

Mengurangi Selera Makan

Untuk yang sedang diet, amat dianjurkan mempunyai konsumsi vitamin D yang memadai untuk mendorong pembuatan leptin. Ini merupakan hormon yang memberi sinyal ke otak kalau perut telah kenyang.

Suatu riset dari Universitas Aberdeen di Skotlandia menemukan perempuan dengan Indeks Massa Tubuh (BMI) yang tinggi mempunyai kandungan vitamin D yang rendah. Dari sana periset mengira terdapat keterkaitan antara kekurangan vitamin D dengan kelebihan berat badan.

Menghindari Flu

Suatu riset yang dilansir di American Journal of Clinical Nutrition memperlihatkan sebanyak 167 siswa sekolah dasar yang diteliti kerap sakit flu lantaran kekurangan vitamin D. Dengan demikian, terdapat kaitan antara kecukupan vitamin D dengan flu.

Menjaga DNA

Vitamin D bertanggung jawab terhadap minimal 2.000 gen dalam tubuh. Dengan demikian, kecukupan vitamin D mendukung menjaga DNA dari kerusakan.

Mengurangi Resiko Sakit Jantung

suatu riset yang dilansir dalam harian Circulation pada 1793 menerangkan kekurangan vit D memiliki potensi menambah resiko penyakit jantung.

Mengurangi Tekanan Darah

Suatu riset yang dikerjakan oleh Asosiasi Jantung Amerika mendapatkan bukti kalau kekurangan vitamin D pada perempuan pramenopause meningkatkan resiko mengidap tekanan darah tinggi.