Atasi Alergi Kulit yang Dipicu Deterjen dengan 5 Cara Ini

Beberapa orang yang mempunyai kulit peka ataupun dalam keadaan kulit khusus dapat menderita alergi yang dipicu deterjen. Hal tersebut diakibatkan zat pewangi dan bahan kimia lain terdapat di dalamnya.

Sama seperti rata-rata produk sabun, deterjen memiliki kandungan berbagai macam surfaktan atau disebutt juga zat penggerak permukaan. Surfaktan berfungsi dengan melonggarkan partikel noda dan minyak yang melekat supaya bisa lenyap dari permukaan baju. Kandungan surfaktan yang keras kerap kali menimbulkan perangsangan, khususnya pada orang dengan kulit peka.

Tidak hanya surfaktan, zat deterjen yang bisa menimbulkan ruam dan iritasi terhadap kulit ialah zat wewangian atau parfum.

Ada pun beragam zat alergen yang menyebabkan alergi yang lain yang terdapat dalam deterjen, antara lain pengemulsi, pengental dan pelarut, pelembut kain, pelembab, pewarna, paraben, enzim, dan pengawet.

Tidak hanya bahan kimia, yang menyebabkan alergi deterjen cuci pakaian lainnya ialah dermatitis kontak. Ini adalah keadaan kulit iritasi yang menimbulkan ruam dan peradangan pada kulit. Penyakit ini umumnya berlangsung ketika tangan memegang barang yang menimbulkan iritasi, seperti sabun deterjen, tanaman, maupun logam.

Kebanyakan permasalahan alergi deterjen bisa ditangani dengan menjalani pengobatan simpel di rumah. Berikut 5 cara yang dapat Anda jajal.

  1. Kompres air dingin

Kompres air dingin bermaksud untuk meredakan kulit yang menderita peradangan. Langkahnya, basahilah handuk ataupun kain bersih dengan air dingin, peraslah airnya, kemudian ditempelkan pada bagian kulit yang bengkak.

  1. Mandi oatmeal

Mandi oatmeal bermaksud untuk kurangi rasa gatal dan meredakan kulit yang meradang. Caranya, pakai bubuk oatmeal yang telah dihaluskan dengan blender. Lantas, taburkan ke dalam bak mandi mengandung air. Anda bisa memakainya untuk berendam dalam bak itu selama 15 menit.

  1. Minum obat antihistamin

Cara menangani alergi deterjen yang jitu selanjutnya ialah minum obat antihistamin. Obat ini dipasarkan bebas di apotek, tetapi hati-hati dampak sampingnya yang bisa menimbulkan rasa kantuk, bisa membuat anda tidur pulas meski kulit sedang gatal.

  1. Krim antigatal

Krim antigatal seperti halnya lotion calamine berperan untuk meredakan kulit sehingga menghindari Anda untuk menggaruk kulit terus-terusan. Bila terus-menerus digaruk, maka kulit memiliki potensi rasa gatal di kulit bisa kian parah.

  1. Krim steroid

Krim steroid dengan kandungan hidrikortison setidaknya 1 persen bisa menunjang mengurangi rasa gatal dan peradangan yang timbul sebagai alergi deterjen. Tetapi, pastikan untuk dengar pendapat dengan dokter lebih dulu sebelum memakai krim steroid. Karena, krim steroid tak boleh dibeli secara bebas di apotek.