7 Cara Atasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Apakah Anda tengah flu? Umumnya keadaan hidung tersumbat dapat membuat uring-uringan lantaran tidak nyaman bernapas. Hidung tersumbat tidak cuma diakibatkan oleh ingus ataupun lender di dalam hidung, tetapi pula peradangan pembuluh darah di sinus. Keadaan ini berlangsung ketika Anda menderita flu, alergi, pilek, ataupun infeksi sinus. Lalu, gimana cara mengatasi hidung tersumbat yang sangat jitu?

Berikut beberapa cara alami buat obati hidung tersumbat dari kompres hangat sampai mandi air hangat.

  1. Menghilangkan ingus

Orang yang tengah menderita hidung tersumbat condong menghirup ingus yang terdapat di hidung. Sementara itu, menghilangkan ingus dapat berakibat lebih baik untuk menangani hidung tersumbat.

Tetapi tidak boleh asal-asalan menghilangkan ingus, tidak boleh dengan tekanan yang kencang lantaran itu bisa membawakan dahak pembawa bakteri ke saluran kuping. Tutuplah salah satu lubang hidung Anda, setelah itu buanglah ingusnya di bagian lubang hidung yang tak tertutup.

  1. Menghirup uap hangat bawang putih

Bawang putih diyakini memiliki kandungan antijamur dan antibakteri yang bermanfaat bagi berbagai hal, salah satu diantaranya untuk menangani hidung mampet. Potonglah beberapa siung bawang putih jadi bagian-bagian kecil, setelah itu simpan di dalam panci mengandung air dan panaskan. Sesudah itu, hiruplah uap dan aroma bawang putih tersebut.

  1. Memakai kompres hangat

Tempelkan kompres hangat di dahi dan di atas hidung untuk menangani hidung mampet. Rasa hangat yang timbul saat dikompres dapat meredakan sakit dan menghentikan peradangan di lubang hidung.

  1. Mandi air hangat

Uap dari kucuran air hangat ketika mandi dapat menipiskan lendir yang terdapat di dalam hidung. Demikianlah alasannya, mandi air hangat dapat membuat pernapasan Anda jadi normal kembali.

  1. Minum air

Minum air putih secara rutin memungkinkan ingus di saluran hidung timbul sehingga kurangi tekanan terhadap sinus. Ketika sinus tidak kembali tertekan maka iritasi dan peradangan bakal lenyap. Bila hidung tertutup berlangsung berbarengan dengan sakit tenggorokan, mengkonsumsi teh hangat ataupun sup, dapat menunjang kurangi ketidaknyamanan yang timbul.

  1. Memakai tambahan bantal ketika tidur

Saat hidung mampet ketika tidur, tambahkan 1-2 bantal lebih untuk menyokong kepala. Hal ini dikerjakan supaya ingus dapat keluar dari lubang hidung anda, sehingga pernapasan normal kembali.

  1. Memasang pelembab udara

Perangkat pelembab udara ataupun humidifier merubah air jadi uap, yang dapat melembabkan ruangan. Menghirup udara yang lembab ini dapat meredakan iritasi terhadap jaringan dan pembuluh darah yang meradang. Perangkat ini pun dapat kurangi banyaknya lendir di dalam hidung sehingga pernafasan pun jadi normal.