6 Manfaat Tomat Bagi Ibu Hamil

Manfaat tomat bagi ibu hamil nyatanya lumayan banyak. Hal itu lantaran buah degan tekstur padat dan kecil itu banyak mengandung nutrisi, serat, protein, vitamin, dan yang lain yang amat baik untuk ibu hamil.

Pastinya anda ingin mengetahui dong apa saja manfaatnya? Berikut diulas 6 manfaat tomat bagi ibu hamil.

Mengurangi Kram Kaki

Tomat memiliki kandungan potasium yang bisa menghilangkan kram kaki dan otot pada ibu hamil. Paling tidak terdapat 250-400 miligram potasium dalam tomat. Tidak hanya menghentikan kram kaki, kalium pun berfungsi utama dalam melindungi kestabilan air dan elektrolit tubuh. Pada perempuan hamil paling tidak mengkonsumsi 4.500 miligram potasium setiap hari.

Menghindari Pendarahan

Ibu hamil dapat saja menderita perdarahan sebelum dan sesudah melahirkan. Dalam kejadian yang lumayan parah, malahan nyawa merupakan taruhannya. Tetapi dengan mengkonsumsi vitamin K yang terdapat pada tomat, bisa menunjang menghindarinya. Lantaran vitamin K akan menolong tubuh menghindari pendarahan yang berlebih selama proses pembekuan darah.

Menghindari Dehidrasi

Manfaat tomat bagi ibu hamil berikutnya dapat menghindari dehidrasi. Ini lantaran tomat kaya akan air. Selama kehamilan, perempuan memerlukan lebih banyak air guna mencegah dehidrasi. Dengan mengkonsumsi air mineral yang lumayan, air dalam sayur dan buah-buahan, anda pun akan memperoleh cairan tubuh yang lumayan.

Menghindari Cacat Bawaan Lahir

Tidak cuma menghindari kerusakan sel terhadap ibu hamil, kandungan likopen pada buah tomat nyatanya diyakini sanggup menghindari kelainan bawaan lahir dan pre-eklampsia (komplikasi berbentuk tekanan darah tinggi, pembengkakan tangan dan kaki, sampai tersedianya protein dalam urine).

Memperlancar Peredaran Darah

Peredaran darah yang mulus dapat berakibat baik terhadap janin di dalam kandungan. Ini lantaran seluruh nutrisi dan oksigen janin diangkut lewat darah ibu hamil. Riset memperlihatkan kalau tomat bisa menunjang membuat pembuluh darah dan menambah aliran darah. Manfaat tomat bagi ibu hamil pastinya amat menguntunkan sekali.

Mencegah Radikal Bebas

Tomat pun diketahui mempunyai kandungan likopen yang amat tinggi. Untuk yang belum mengetahui, likopen berfungsi aktif dalam menjaga kulit dari kerusakan karena paparan cahaya matahari. Kandungan likopen pun dibuat jadi agen antioksidan yang menolong tubuh buat mencegah masuknya radikal bebas. Tujuannya yakni untuk menangkal beberapa peradangan dan menjaga sel tubuh dari kerusakan.

Beberapa penelitian mengatakan, antioksidan dan likopen yang amat tinggi di dalam tomat sanggup menghindari kendala selama kehamilan. Mulai dari preeklampsia, tekanan darah yang tinggi sampai diabetes gestasional. Meskipun begitu, anda tetap disarankan buat memakai tabir surya (sun screen) setiap harinya ya. Hal ini supaya kulit dapat memperoleh proteksi secara optimal terhadap kerusakan karena cahaya matahari.

Dengan mengenali manfaat tomat bagi ibu hamil, mulai saat ini, anda dapat memasukkan buah tomat ke dalam menu santapan sehar-hari. Tetapi tidak boleh lupa, pilihlah tomat yang bundar, berkulit lembut, mempunyai warna yang rata, dan pastinya fresh.