4 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Rahim

Kunyit sudah lama dipakai dalam bidang pengobatan tradisionil. Salah satu diantaranya karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Tidak hanya itu, kunyit pun sudah lama diketahui dapat menambah imunitas tubuh. Saat ini, rempah kuning diyakini berguna buat menambah kesuburan dan kesehatan rahim.

Masalah kesuburan pada perempuan dapat diakibatkan oleh beragam hal, mulai dari rusaknya  organ reproduksi, seperti rahim dan tuba falopi sampai karena keadaan hormon, seperti PCOS (polycystic ovary syndrome). Kunyit dapat membantu menangani beberapa masalah di atas. Berikut ini uraian lengkapnya.

Beberapa manfaat kunyit buat kesuburan dan kesehatan rahim.

  1. Menolong Mengatasi PCOS

Polycystic ovary syndrome ataupun PCOS ialah gangguan hormon yang bisa mengakibatkan banyaknya folikel-folikel cairan di ovarium sehingga susah buat membebaskan telur. Keadaan ini membuat proses pembuahan susah berlangsung. Suplemen kunyit dikatakan bisa menolong mengurangi PCOS.

Karena, kunyit bisa menolong mengatasi inflamasi sekaligus mengurangi kemampuan resistensi insulin, 2 keadaan yang menimbulkan terbentuknya PCOS pada seorang perempuan.

  1. Menolong Mengatasi Tuba Falopi yang Mampet

Tuba falopi ialah saluran yang menyambungkan indung telur ataupun ovarium dengan rahim. Munculnya penyumbatan terhadap tuba falopi dapat mengganggu jalannya pertemuan indung telur dan sperma sehingga kehamilan akan susah berlangsung. Teratur mengkonsumsi kunyit dapat menolong mengurangi keadaan itu.

Hal itu berkat kandungan cucurmin, bahan kimia alami yang tinggi antioksidan dan mempunyai watak anti-peradangan. Walaupun begitu, tetap mengkonsumsi dalam jumlah wajar, yakni kurang dari 8 gr setiap hari.

  1. Menolong Mengurangi Endometriosis

Endometriosis ialah masalah yang menimbulkan lapisan dalam rahim malah berkembang di luar rahim. Keadaan ini dapat saja membatasi proses pembuahan dan kehamilan. Tak cuma itu, endometriosis pun sering memunculkan rasa sakit, khususnya pada bagian panggul. Kandungan curcumin yang mempunyai watak anti-peradangan dan antioksidan diyakini bisa menolong mengurangi tanda endometriosis.

  1. Menolong Menghindari Preeklampsia

Preeklampsia ialah salah satu macam komplikasi kehamilan karena tingginya tekanan darah. Yang menyebabkan terbentuknya preeklampsia pada perempuan hamil belum dikenal secara pasti. Walaupun begitu, peradangan pada tubuh berfungsi utama.

Oleh sebab itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi kunyit. Kunyit banyak mengandung zat curcumin yang mempunyai watak anti-peradangan. Walaupun begitu, tetap konsumsi kunyit dalam jumlah wajar supaya manfaatnya tetap maksimal.