4 Manfaat Kesehatan Belimbing Wuluh Di Balik Rasanya yang Asam

Di balik rasa asamnya, nyatanya manfaat belimbing wuluh amatlah banyak. Khususnya dari sisi kesehatan. Di Indonesia sendiri buah yang mempunyai nama latin Averrhoa bilimbi ini amat terkenal, dan umumnya digunakan sebagai bahan pelengkap pada kuliner.

Belimbing wuluh yang adalah tanaman asli dari Asia Tenggara ini, hidup subur nyaris di semua daerah di Indonesia. Dan tidak cuma buahnya saja yang berguna, tetapi nyaris dari semua bagian tanamannya bisa digunakan menjadi obat herbal. Berikut ini berbagai manfaat belimbing wuluh:

Mengurangi Tekanan Darah tinggi

Sesungguhnya terdapat banyak sekali obat tradisionil yang diyakini bisa mengurangi tekanan darah tinggi, salah satunya ada pada belimbing wuluh. Masalah ini telah dibuktikan dalam suatu riset, hasilnya belimbing wuluh memang bisa mengurangi tekanan darah relatif berarti. Meskipun begitu, sayangnya kesimpulan ini baru diperoleh dari laboratorium saja. Alhasil, manfaat dari belimbing wuluh buat masalah kesehatan yang sebuah ini masih membutuhkan riset lebih mendalam.

Mempertahankan kekuatan Tulang dan Gigi

Bersamaan meningkatnya umur, gigi dan tulang akan kian menjadi lemah. Tetapi, supaya tulang dan gigi tak gampang rapuh, pastinya kita mesti mengkonsumsi asupan yang berkalsium tinggi. Kalsium tak cuma dapat diperoleh dari susu saja, tetapi anda pun dapat memperolehnya dari belimbing wuluh. Disamping itu, buah ini pun mempunyai kandungan fosfor dan mineral.

Membuat Kulit Lebih Bening

Disamping untuk kesehatan, terdapat juga manfaat belimbing wuluh untuk wajah. Untuk anda yang mau menjernihkan kulit secara alami, anda dapat memanfaatkan belimbing wuluh. Ada baiknya pakai belimbing wuluh yang telah dihaluskan selaku masker maupun scrub. Lantas terapkan pada kulit wajah ataupun badan, lantas gosok pelan-pelan dengan gerakan memutar. Dan biarkan selama 5-10 menit sebelum dibasuh dengan air dingin. Manfaat ini dapat anda ambil berkat kandungan vitamin c di dalamnya.

Meredakan Nyeri

Manfaat belimbing wuluh berikutnya bisa dimanfaatkan selaku obat pereda nyeri. Ini disebabkan kandungan di dalamnya yang memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik. Cara memanfaatkannya, ambil beberapa helai daun belimbing yang masih muda, haluskan dengan sedikit air sampai jadi pasta. Lantas, lumurkan pada area yang merasa nyeri. Supaya hasilnay optimal, terapkan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Demikianlah 4 manfaat belimbing wuluh yang dapat anda peroleh dengan gampang. Belimbing wuluh amat aman dimakan, entah untuk imbuhan asupan maupun dikonsumsi secara langsung bila tahan dengan rasa asamnya.

Tetapi, walaupun begitu, hindarkanlah meminum jus belimbing wuluh dalam porsi banyak. Lantaran bila kandungan asam oxalic masuk ke dalam badan dalam jumlah banyak, maka akan menimbulkan keracunan, nefropati kronis, malahan bisa menimbulkan gagal ginjal.