Audi A3 40 TFSI e PHEV Bisa Capai 66 Km dalam Mode Listrik

Audi merilis pilihan anyar buat A3 Sportback, yakni Audi A3 40 TFSI e PHEV. Model ini menjadikan line-up Audi kian berwarna dengan energi listrik.

Hatchback ini adalah model plug-in hybrid (PHEV) perdana di family A3 Sportback. Katanya teknologi ini pun sama benar dengan Volkswagon Golf dan Skoda Superb. Wajar karena mereka ini bersaudara.

Bicara mengenai penampilan, grille heksagonal kali ini tak ada aksen silver demikian pula dengan area bagian bumper. Kisi moncong itu diapit oleh lampu pokok menyipit tajam. Penerangan kali ini telah mengadopsi full LED dengan pilihan Matrix LED.

Pada area samping tak banyak pengubahan, samar di pemakaian pelek anyar lebih elok berdimensi 16 inci. Bila kurang tinggi, Audi menyajikan pilihan pelek dimensi 17 dan 18 inci. Demikian pula di area belakang, pengubahannya cuma potongan bumpernya yang lebih kalem.

Sementara itu desain interiornya masih sama dengan model Sportback. Pemakaian head unit dimensi 10,1 berfitur MMI display bisa menunjukkan aliran tenaga baterai. Head unit ini pun telah support Apple carplay dan Android Auto. Tidak hanya itu, ada aplikasi MyAudi app yang sanggup menunjukkan info mobil lewat ponsel pintar.

Layanan Car to-X, mendukung mendapatkan lokasi parkir cuma-cuma di pinggir jalan ataupun memungkinkan pengemudi surfing mencari alternative jalan.

Bicara mengenai penampilan dengan memakai mesin 4 silinder turbo berkapasitas 1.400 cc, mobil ini diklaim sanggup mengeluarkan energi 150 dk dan torsi 250 Nm. Hadirnya motor listrik menghasilkan ekstra energi sampai 107 dk dan sentakan torsi 350 Nm. Energi itu disalurkan ke sistem transmisi kopling ganda 6 percepatan S tronic.

Motor listrik itu dipersenjatai oleh baterai berkapasitas 13 kwh lithium-ion dengan 96 prismatic cells yang disisipkan di bawah kursi penumpang belakang. Pihak Audi meng-klaim prismatic cell bisa membuat efisiensi lebih baik sebanyak 48 persen. Dari hasil tes dalam mode full-electric, Audi A3 ini sanggup berjalan sepanjang 66 kilometer dan sanggup melaju sampai 140 kpj dalam kondisi baterai sarat.

Pengisian daya baterai, Audi menyajikan saran daya maksimum 2.9 kw. Pengisian memerlukan tempo 4 jam. Pengisian baterai pun bisa dikerjakan ketika berjalan yakni saat mobil deselerasi. Mobil ini mempunyai beragam driving mode meliputi Battery Hold dan Battery Charge, Battery Hold, Individual, Dynamic, Auto, dan Comfort.

Dalam kondisi standar mobil ini telah mempunyai fitur Audi pre sense front yang meliputi swerve assist, turn assist, departure warning, dan lane. Terdapat opsi lain seperti jok sporty, head up display, dan adaptive cruise control.

Mobil ini dikabarkan akan muncul pada penghujung 2020 di pasar Eropa. Bicara mengenai harga A3 Sportback 40 TFSI e akan dibanderol mulai dari EUR37,470 atau senilai 652 jutaan rupiah.