Inilah 5 Jenis Parasit yang Bisa Menyerang Badan Manusia

Parasit merupakan organisme yang bertahan tinggal dengan cara menumpang pada makhluk hidup lain. Kehadirannya amat merugikan sebab ia tumbuh dengan mengambil nutrisi dari inangnya. Parasit tidak cuma hidup pada tanaman ataupun hewan saja, tetapi pula pada badan manusia.

Resiko terinfeksi parasit pada orang lebih tinggi di wilayah pedesaan ataupun lokasi yang mempunyai sanitasi kurang baik sehingga menambah kemungkinan pencemaran parasit pada makanan dan air minum. Lalu, apa saja jenisnya?

  1. Cacing Pita

Umumnya cacing pita masuk ke dalam badan manusia lewat daging mentah. Berbagai jenis makanan itu seperti sushi, sashimi, dan steak. Sesuai dengan namanya, cacing pita dapat berkembang pada badan manusia sampai berukuran 15 meter, panjang sekali ya? Cacing itu umumnya akan berdiam dalam usus manusia dan sebagian besar ditemui dalam daging sapi atau babi yang tercemar.

Cacing pita tak cuma masuk lewat daging mentah saja, tetapi pula dapat bersumber dari sayur-mayur yang tak dicuci dengan bersih.

  1. Kutu Rambut

Kutu rambut, sesuai namanya hewan berukuran kecil ini tinggal pada rambut manusia. Guna bertahan hidup, ia akan menghisap darah dari kulit kepala inangnya. Walaupun kehadirannya tak mengancam keselamatan, kutu bisa menimbulkan rasa gatal yang tak tertahankan dan bisa menjalar.

Untuk menghilangkannya, sebetulnya amat gampang, sebab anda cuma butuh keramas dengan cara teratur dengan memakai sampo yang bisa memberantas kutu dan telurnya serta teratur menyisir rambut.

  1. Candida

Jamur ini tumbuh subur di tempat-tempat lembap, hangat, dan gelap seperti mulut, lipatan kulit, dan selangkangan. Infeksinya mengakibatkan ruam pada kulit, gatal, dan bengkak. Umumnya, di bagian mulut parasit ini bisa tumbuh banyak sampai mengakibatkan bintik putih di lidah, tenggorokan, ataupun dalam pipi. Peradangan candida sering dinamakan sebagai sariawan dan bisa diatasi dengan obat antijamur.

  1. Tungau Burung

Makhluk kecil berkaki 8 ini amat membahayakan untuk manusia. Umumnya mereka akan masuk lewat hidung, yang mengerikan ialah saat ia menembus ke bawah kulit manusia kemudian tumbuh. Lebih parahnya lagi, tungau burung ini pun dapat mengakibatkan penderitaan psikologis yang parah.

  1. Tungau Sarcoptes Scabiei

Paling akhir ada tungau yang memiliki nama sarcoptes scabiei, ia pun memakai 8 kakinya untuk menggali ke dalam lapisan paling atas kulit manusia, selanjutnya ia memperoleh makanan dari bagian selangkangan, ketiak, antara jari tangan dan kaki, ataupun bagian bawah pinggang.

Seseorang bisa terkena infeksi skabies saat bersentuhan dengan kulit, seprai, baju, ataupun mebel orang lain yang terkena infeksi. Peradangan skabies bisa diatasi dengan obat yang dipasarkan bebas ataupun diresepkan.

Demikianlah berbagai jenis parasit yang bisa tinggal pada badan manusia. Supaya badan anda tak menjadi tempat untuk parasit ini, jangan abai untuk selalu memelihara kebersihan, makanan, dan beberapa barang di sekitar anda.