Jenis Sambal Terkenal dari Beberapa Negara, Penggemar Pedas Harus Mengetahui!

Sambal adalah santapan tambahan saat kita sedang mengonsumsi hidangan. Mempunyai cita rasa yang pedas sehingga sambal jadi “penyedap rasa alami” yang sering disantap dengan berbagai ragam kuliner. Sejumlah negara di dunia pun mempunyai beraneka macam jenis sambal terkenal yang tak kalah pedas dengan sambal khas dari Indonesia. Terlebih lagi, beberapa di antara lain sudah mendunia, loh. Bila anda penasaran, dapat simak di bawah ini, ya!

Harissa, Tunisia

Sambal harissa ini asalnya dari Tunisia, yang dibuat dari rempah-rempah, paprika, dan cabai merah. Biasanya harissa disimpan di dalam wadah tertutup seperrti botol, toples, dan yang lain.

Pebre, Chili

Pebre dipakai nyaris buat seluruh masakan. Sehingga wajar saja bila orang-orang Chili senantiasa menyimpan sambal yang satu ini di kulkas lantaran mereka benar-benar amat senang dengan rasanya.

Chili Oil, Tiongkok

Mungkin beberapa dari kita telah akrab dengan yang namanya chili oil. Ini adalah salah sebuah jenis sambal kesukaan di Tiongkok. Sambal ini dibuat dari minyak sayur dan beragam jenis cabai kering seperti merica sichuan dan chinese red papper. Tetapi, pula dapat diberikan rempah menurut selera.

Gochujang, Korea

Korea pun mempunyai sambal terenak yang memiliki nama gochujang. Sambal terkenal ini relatif unik, loh. Lantaran dibuat dari cabai, ketan, tauco, zat pemanis, dan garam. Wujudnya buket seperti pasta, dan rasanya yang pedas, manis, pula asam amat membangkitkan gairah makan. Umumnya, orang-orang Korea memakai sambal ini selaku bumbu kuliner.

Alfredo Sauce, Italia

Alfredo adalah salah sebuah jenis sambal terkenal yang sering disajikan dengan santapan teristimewa Italia. Dibuat dari dari susu, telur, keju, irisan bacon, dan lada hitam yang dihaluskan sampai halus. Guna menambah rasa, keju parmesan dan sedikit rajangan daun peterseli sering diberikan ke dalam saus ini.

Sambal Hitam, Malaysia

Malaysia juga mempunyai jenis sambal bersama ciri khasnya yang lumayan unik, loh. Sambal yang datang dari Pahang, Malaysia ini, memiiki warna hitam yang dibuat dari ikan bilis yang ditumis bareng dengan cabai, bawang putih, bawang merah, dan belimbing wuluh yang sudah dihaluskan. Oleh karena itu, sambal hitam ini jadi salah sebuah varian yang lumayan disukai banyak orang dan sering disajikan pada acara-acara khusus.

Itulah berbagai jenis sambal terkenal dari beberapa negera di dunia. Apa anda pernah mencoba salah satunya? Ataupun mungkin, anda mengetahui varian sambal dari beberapa dunia yang lain?